Skip to content

Belajar Puisi dari Langston Hughes

Januari 1, 2012

Saya tak pernah kuliah di perguruan tinggi ternama di Indonesia. Nama Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas lainnya terdengar masih asing ditelinga. Sekarang ini yang saya butuhkan hanya ingin belajar membuat puisi meski tidak harus kuliah di perguruan tinggi ternama.

Kendala membuat puisi sendiri tanpa harus kuliah mahal-mahal di perguruan tinggi membuat saya harus pontang panting mencari inspirasi di internet. Mungkin kesempatan membaca buku karangan sastrawan dunia berkurang karena tidak memasuki perpustakaan ternama di kampus-kampus. Namun nyatanya, dengan seringnya berinternet ria, saya jadi tahu bahwa menjadi pintar tidak harus kuliah mahal-mahal dan menghabiskan tenaga, waktu dan pikiran.

Dengan berinternet ria, saya bisa mendapatkan buku puisi bahasa inggris terbaik Langston Hughes. Bermodalkan 4 ribu rupiah (maklum saya orang desa jadi internet masih dibilang mahal) saya bisa mendapatkan ebook gratis kumpulan puisi Langston Hughes, sastrawan kesayangan saya.

Pertama saya tersesat di suatu blog yang konon menawarkan cara membuat puisi sendiri. Eh ternyata di sana saya ditunjukkan satu situs khusus yang memberikan puisi bahasa inggris terbaik Langston Hughes,  sungguh senangya. Andai saja saya memiliki banyak kesempatan untuk berinternet lagi, maka saya akan mencoba mendapatkan puisi Langston Hughes dengan lebih banyak lagi. Karena bagaimanapun Langston Hughes adalah salah satu penyair yang membuat saya suka akan puisi.

Setelah mendapatkan ebooknya di sini http://www.englishindo.com/2011/12/puisi-bahasa-inggris-kumpulan-puisi.html, saya pulang dengan rasa bangga dan hingga pagi saya mencoba memahami cara membuat puisi seperti Langston Hughes. Dan sekarang saya sedang mencoba membuat puisi dengan inspirasi utama Langston Hughes.

Mungkin karena puisinya terlalu banyak, jadi saya harus memilih mana puisi terbaik dari Langston Hughes. Saya pelajari cara pemilihan kata yang enak dibaca dan didengar. Dan semoga besok saya bisa membuat puisi seperti layaknya Langston Hughes… Thanks for Langston Hughes………..

From → Puisi

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

