Skip to content

Contoh Teks Pidato Perpisahan Paling Mengharukan

September 27, 2014
pidato

Pidato perpisahan bisa menjadi sebuah kenangan tersendiri ketika kita mengakhiri pendidikan di sebuah sekolah. Teks pidato perpisahan yang akan ditampilkan di sini bisa diadaptasi untuk apa saja, baik sebagai pidato perpisahan di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK/MAK. Jadi tidak usah khawatir bagi sahabat yang belum bisa membuat pidato perpisahan, tinggal diotak-atik saja beberapa “kata kunci” dalam naskah pidato ini.

Untuk mempersingkat waktu, mari kita lihat saja struktur pidato perpisahan di bawah ini (jangan lupa baca do’a semoga dengan membaca tulisan ini, sahabat bisa lebih memahami cara membuat pidato perpisahan) :

1. SALAM PEMBUKA PIDATO PERPISAHAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan anugerah-Nya kepada kita semua, terutama sekali atas nikmat sehat yang telah berikan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama dalam acara kita pada hari ini dalam rangka memperingati hari ibu, semoga melalui acara seperti ini kita semua menemukan momentum yang mengharukan sekaligus membahagiakan.

Tidak lupa sholawat serta salam semoga selalu dan senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan banyak nasihat kebaikan dunia dan akhirat kita semua.

2. PEMBUKA PIDATO PERSPISAHAN

Bapak-bapak, ibu- ibu, dan semua hadirin yang saya hormati, dan terkhusus teman-teman kelas 3 seperjuangan sependeritaan yang telah melewati hari-hari melelahkan pada ujian nasional lalu.Saya senang sekali bisa mewakili kalian semua untuk sekedar menyampaikan rasa senang dan haru yang kalian pendam selama ini.

Saya ingat apa yang diucapkan oleh Thomas Meeha, “How lucky I am to have something that makes saying goodbye so hard.” Meeha merasa beruntung bisa mengucapkan salam perpisahan meski hal tersebut terasa berat baginya.

3. ISI PIDATO PERPISAHAN

pidato perpisahan

Saya mengartikan perkataan Thomas Meeha tersebut sebagai sebuah rasa sayang yang tak bisa diukur. Begitu pula saya sendiri, mewakili kawan-kawan lainnya, merasa berat sekali untuk mengucapkan salam perpisahan kepada seluruh makhluk yang masih berjuang untuk sekolah tercinta kita ini. Saking beratnya, saya hampir tidak sudi mengucapkannya di depan semua orang yang hadir di sini. Betapa sulit untuk mengucapkan sebuah salam perpisahan kepada orang-orang yang selama ini membimbing kita menuju jalan yang lebih baik.

Bagaimanapun pintarnya kita, bagaimanapun ganteng dan cantiknya kita, kalau tidak ada bimbingan dari seluruh jajaran guru di sekolah ini, kita tidak akan bisa merasakan indahnya lulus sekolah. Entah jadi apa nanti kita ini, entah melanjutkan sekolah mana kita nanti, jasa-jasa guru tetaplah tidak pernah bisa terhapus dari memori kita. Oleh sebab itu, nanti di saat kita bertemu dengan beliau-beliau di tempat yang tidak seperti biasanya, janganlah kita merasa enggan, janganlah merasa malu.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini, saya juga menekankan bahwa benar adanya apa yang diungkapkan oleh guru-guru pendahulu kita, yang mengatakan ilmu tanpa amal ibarat pohon tak berbuah. Oleh karena itu, kepada seluruh kawan-kawan, sedikit apapun ilmu yang kita raih di sekolah ini, jika kita selalu berbagi ilmu kepada yang membutuhkan, insyaAllah kita akan mendapatkan sebuah kenikmatan tersendiri.

4. PENUTUP PIDATO PERPISAHAN

Akhirnya, tidak ada kata seindah do’a. Saya ucapkan salam perpisahan ini kepada seluruh jajaran dan pihak yang ada di tempat yang sering kita datangi setiap hari. Saya yakin bahwa salam perpisahan bukanlah ucapan salam biasa, salam perpisahan adalah sebuah do’a di mana kita berharap keselamatan dan kesehatan ketika nanti akan bertemu kembali. Sungguh bahagia bukan jika kita masih diberi kesempatan selamat dan sehat ketika kita bisa bertemu kembali.

5. SALAM PENUTUP

Demikianlah pidato perpisahan yang bisa saya sampaikan, semoga kita bisa bertemu lagi pada lain kesempatan, semoga kita bisa bersua lagi di lain kegiatan, semoga kita masih diberi keselamatan dan kesehatan di saat kita bertemu nanti. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

NB :

Bagi teman-teman yang ingin membaca banyak contoh pidato, silahkan menuju ke situs di bawah ini, banyak contoh pidato di dalamnya

http://www.satubahasa.com/2014/09/koleksi-teori-dan-contoh-teks-pidato.html

Semoga bermanfaat bagi nusa bangsa negara dan agama di dunia hingga akhirat😀

 

From → Pidato

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: